Wednesday 12 April 2006

Santun Perkataanmu

Berhati-hatilah dalam berbicara, kau tak tahu hati siapa yang engkau sakiti. Mungkin kau pikir itu sesuatu yang lucu, apakah yang lain berpikir begitu? Kendalikanlah lisanmu, gunakanlah untuk menebar cinta dan perdamaian. Jangan sampai ia menjauhkanmu dari teman-temanmu. Jangan sampai ia membuat musuh-musuh baru untukmu. Ia bisa menjadi cahaya terang yang menghidupkan, tapi ia juga bisa menjadi senjata terkuat yang mematikan.

Janganlah lupa untuk meminta maaf kepada orang-orang yang kau sakiti hatinya dengan perkataanmu. Sesungguhnya, mungkin saja orang itu mengingat apa yang telah kau perbuat selamanya. Mungkin saja itu dipendam di hatinya dan tak pernah dilupakannya. Siramlah rasa sakit itu dengan perkataanmu yang lebih 'manis', sehingga padam bara apinya dan diganti oleh hati yang sejuk.

Berhati-hatilah dalam berbicara... Di balik lidah itu terdapat cermin atas diri seseorang... Di balik perkataan itu terdapat harapan untuk orang-orang di sekitarnya... Di santun perkataanmu, terdapat cinta yang bisa kau curahkan, jika engkau mengetahuinya...

"The tongue like a sharp knife... Kills without drawing blood." - Siddharta Gautama